Minggu, 05 November 2017

Pengalaman Wisata Edukasi

Wisata Edukasi
19 Oktober, 2017. Angkatan 24 dan angkatan 26 ada field trip atau wisata edukasi. Angkatan 26 pergi ke Puspitek dan TMII, sedangkan angkatan 24 pergi ke Highland. Di pagi hari sekitar jam 06.30 angkatan 26 dan angkatan 24 berkumpul di hallma untuk mengadakan apel pembukaan, dan mendapatkan arahan dari kepala sekolah dan wakil kepala sekolah. Selesai apel pembukaan angkatan 26 diperintahkan untuk masuk ke dalam bis masing – masing, begitu juga dengan angkatan 24.
Karena saya kelas 7C maka saya masuk ke dalam bis dengan nomor tiga. Perjalanan pertama bus tiga adalah pergi ke Puspitek atau Pusat Penelitian Ilmu dan Teknologi. Keadaan di dalam bis 3 menuju Puspitek lumayan ramai. Ada anak yang hanya gossip dengan temannya, ada juga yang menyanyi – nyanyi sambil mendengarkan lagu atau karoeke. Saya mencoba untuk tidur dengan pindah ke bangku belakang, karena kupikir duduk di bangku belakang mungkin lebih tenang dibandingkan duduk di kursi tengah atau depan. Ternyata ada dua buah speake yang justru membuat duduk di belakang lebih  berisik, lalu saya membiarkannya karena lagu yang sedang berputar adalah lagu mellow seperti “perfect”, “shape of you”, “too good at goodbye” yang justru dapat membuat saya tertidur. Nyatanya, ternyata saya tetap tidak bisa tidur, karena di bangku belakang banyak yang menyanyi dengan suara yang kencang.
Kami akhirnya sampai di Gedung Pusat Informasi, dan seluruh angkatan 26 memasuki Auditorium yang berada di dalam Gedung Pusat Informasi. Saya mengambil kursi di belakang karena di sana ada banyak teman saya dari kelas lain. Kami mengobrol lama sekali, sampai akhirnya Pak Ahmad dan pihak Puspitek memberikan sambutannya kepada kami. Saya dan seluruh angkatan 26 mendapat berbagai macam informasi yang sangat banyak dari pihak Puspitek. Kami juga menonton suatu video kecil tentang Puspitek. Akhirnya seluruh angkatan 26 diperintahkan untuk kembali ke dalam bis masing – masing untuk menuju Lab Puspitek.
Di dalam bis kami dibagikan LKS untuk dikerjakan. LKS itu berisi soal – soal tentang Puspitek, Skyworld, dan Dunia Air Tawar. Lalu bis kelas yang berisi anak – anak 7C diturunkan di depan sebuah gedung laboratium Puspitek, dan kami memasukinya, dan setelah memasuki gedung itu kami segera memasuki ruangan laboratium. Di dalam ruangan laboratium itu kami mendapatkan informasi tentang kulkas, lampu, computer dan lain – lain.selesai di ruangan laboratium itu kami kembali ke dalam bis, tetapi kami berfoto – foto terlebih dahulu.
Di dalam bis itu kami semua berganti baju, yang cowok dibalik jendela, yang cewek ditutupi dengan yang lain di belakang. Perjalanan itu akan membawa kami ke musholla untuk sholat dzuhur. Kami sampai di musholla tersebut dan melaksanakan ibadah sholat dzuhur terlebih dahulu. Selesai sholat kami semua balik ke bis masing – masing. Perjalanan berikutnya akan membawa kami kepada gedung TMII untuk Skyworld – nya. Perjalanan dari musholla yang tadi ke Skyworld TMII memakan waktu lumayan lama. Dalam perjalanan yang panjang itu saya bercanda – canda dengan teman - teman saya yang lain sambil berdiri di dalam bis, memang sedikit berbahaya untuk berdiri dalam bis, tapi saya tak begitu memerhatikan itu.
Kami akhirnya sampai di Skyworld TMII. Kami harus mengantri sebelium masuk, tapi saya langhsung maju ke depan agar dapat segera masuk terlebih dahulu bersama teman – teman saya yang dari kelas lain. Saat saya memasuki Skyworld itu bersama teman – teman saya, saya melihat ruangan itu penuh dengan hal – hal tentang antariksa. Saya mengambil beberapa foto bersama teman, dan akhirnya saya merasakan panas yang luar biasa dalam ruangan tertutup itu demi mengikuti permainan 5D. Akhirnya giliran saya masuk ruangan 5D, dan saya menontonnya dengan terganggu, karena semprotan di kursi saya terus berbunyi tanpa henti.
Saat saya keluar dari permainan itu saya membeli makanan dan muniman untuk sauya konsumsi. Selesai makan dan minum kami semua diperintahkan untuk memasuki ruangan yang dapat melihat benda – benda luar angkasa. Disana sangat berisik krena bila ada satu suara, suara itu akan terpantulkan kembali. Selesai menonton itu kami diperintahkan untuk cepat – cepat segera masuk ke dalam bis, di dalam bis 7C ada beberapa anak kelas 7B dan 7A. di dalam bis kami diperintahkan untuk segera sholat di musholla yang tadi, kami pun  mengikuti perintah yang diberikan.

Selesai sholat kami semua kembali ke bis masing – masing untuk perjalanan pulang kembali ke SMP Labschool Jakarta. Di dalam bis banyak yang tetap menyanyi, tapi ada yang tidur karena sudah lelah. Sesampainya di SMP Labschool Jakarta sudah jam 8 malam, dan saya segera pulang ke rumah. Foto Wijaya Kusumah.Foto Wijaya Kusumah.Foto Wijaya Kusumah.

10 komentar: